cover
Contact Name
Rizki Fakhrowan
Contact Email
rizki.fakhrowan@feb.unmul.ac.id
Phone
+6281347230406
Journal Mail Official
jimm.feb@gmail.com
Editorial Address
Jl.Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur Indonesia
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : -     EISSN : 27153789     DOI : http://dx.doi.org/10.30872/jimm.v1i1
Core Subject : Economy,
Publikasi artikel hasil penelitian bidang Ilmu Manajemen Terbit 4 kali dalam 1 tahun Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmul
Articles 39 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2021)" : 39 Documents clear
Pengaruh kompensasi finansial, disiplin kerja dan self efficacy terhadap kinerja karyawan BPJS ketenagakerjaan cabang samarinda
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v6i1.8835

Abstract

Widi Hariyanti, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi finansial, disiplin kerja dan self efficacy terhadap kinerja karyawan, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 36 orang karyawan. Data penelitian merupakan data premier diperoleh dari hasil interviu langsung dengan kepala bidang SDM dan Umum, observasi dan penyebaran kuesioner. Pengujian hipotesis menggunakan analisis Partial Least Square, dengan alat bantu aplikasi SmartPLS Ver 3.0. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompensasi finansial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja karyawan, disiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dan self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh experiential marketing dan word of mouth (wom) terhadap minat beli ulang produk
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v6i1.5611

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan atau pengunjung J.co yang telah melakukan pembelian lebih dari satu kali produk J.CO DONUTS & COFFEE di Plaza Mulia Mall Samarinda dengan menggunakan sampel 120 konsumen J.CO. Teknik analisis data yang digunakan regresi linier berganda. Metode pengumpulan data primer pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey yaitu dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada pelanggan J.CO DONUTS & COFFEE di Kota Samarinda. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif dengan perhitungan menggunakan alat bantu program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Experiential marketing berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Beli Ulang, (2) Word Of Mouth (WOM) berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Beli Ulang.
Pengaruh desain dan harga serta kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v6i1.5233

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh desain dan harga serta kualitas produk terhadap keputusan pembelian Smartphone OPPO di Kota Samarinda. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden dari semua populasi yang merupakan konsumen OPPO di Samarinda. Teknik Pengumpulan data menggunakan penelitian Kepustakaan dan Kuesioner. Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukan bahwa desain berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian hipotesis ketiga menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulakan bahwa dari ketiga variabel tersebut mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Pengaruh penggunaan celebrity endorsement, iklan dan potongan harga terhadap minat beli konsumen di tokopedia.com
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v6i1.5400

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan celebrity endoresement, iklan dan potongan harga terhadap minat beli. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Probability Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square dengan bantuan software SmartPLS3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Celebrity Endorsement(X1) berpengaruh positif dan siginifikan terhadap Minat Beli. Hasil menyatakan bahwa pengunaan celebrity endorsement dapat menimbulkan minat beli konsumen, (2) Iklan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli. Hasil menyatakan bahwa iklan dapat menimbulkan minat beli konsumen, (3) Potongan Harga (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli. Hasil menyatakan bahwa potongan harga dapat menimbulkan minat beli konsumen.
Pelatihan dan budaya organisasi terhadap kinerja perawat pada rumah sakit dirgahayu samarinda
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v6i1.5342

Abstract

pelatihan dan budaya organisasi terhadap kinerja perawat di Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda, menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan variabel pelatihan positif dan signifikan dan budaya organisasi positif dan signifikan terhadap kinerja perawat. Nilai R 0,691 berarti ada hubungan antara variabel pelatihan dan variabel budaya organisasi terhadap kinerja perawat.
Reward dan iklim organisasi serta kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v6i1.5922

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah reward, iklim organisasi dan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kinerja karyawan Bankaltimtara Syariah cabang Samarinda. Variabel bebas dalam peneltian ini adalah Reward, Iklim Organisasi dan kecerdasan emosional sementara variabel terikat dalam penelitian ini adalah kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan pada Bankaltimtara Syariah Cabang Samarinda yang terdiri dari 52 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian in menunjukkan reward, iklim organisasi dan kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan
Pengaruh motivasi hedonis dan browsing serta gaya belanja terhadap pembelian impulsif pada toko online shop shopee di samarinda
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v6i1.6457

Abstract

Penelitian ini bertujun untuk menganalisis pengaruh Motivasi Hedonis, Browsing dan Gaya Belanja TerhadapPembelian Impulsif. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purpositivesampling. Sampel yang digunakan dalam penelitin ini adalah sebanyak 75 responden. analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square dengan bantuan software SmartPLS3.0.Hasil  penelitian ini menunjukkan: (1) Motivasi Hedonis(X1) berpengaruh positif  terhadap Pembelian Impulsif. Hasil menyatakan bahwa semakin tinggi Motivasi Hedonis maka Pembelian Impulsif akan semakin tinggi. (2) Browsing (X2) Berpengaruh Positif TerhadapPembelian Impulsif.Hasil menyatakan bahwa semakin tinggi Browsing maka Pembelian Impulsif akan semakin tinggi. (3) Gaya Belanja (X3) Berpengaruh Positif Terhadap Pembelian Impulsif maka Hasil menyatakan bahwa semakin tinggi Gaya Belanja maka Pembelian Impulsif akan semakin tinggi.
Pengaruh harga komoditas dan suku bunga serta nilai tukar terhadap indeks harga saham sektor pertambangan di bursa efek indonesia periode 2012-2017
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v6i1.6867

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga komoditas yaitu harga minyak mentah dan harga batu bara, suku bunga, serta nilai tukar terhadap Indeks Harga Saham Sektor Pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan adalah data bulanan pada periode Januari 2012 hingga Desember 2017. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga minyak mentah, harga batu bara, suku bunga, serta nilai tukar berpengaruh secara simultan terhadap Indeks Harga Saham Sektor Pertambangan. Secara parsial, harga batubara berpengaruh positif signifikan terhadap Indeks Harga Saham Sektor Pertambangan dan nilai tukar berpengaruh negatif signifikan terhadap Indeks Harga Saham Sektor Pertambangan. Sementara itu, variabel harga minyak mentah dan suku bunga tidak berpengaruh terhadap Indeks Harga Saham Sektor Pertambangan.
Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan hotell
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v6i1.9776

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan hotel temindung Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan yang pernah menggunakan produk-produk yang ditawarkan Hotel Temindung Samarinda dengan penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda dengan menggunakan software IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) Hotel Temindung Samarinda baik secara parsial maupun simultan.
Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Variery Seeking, Daya Tarik Produk Pesaing, Pengalaman tentang Produk terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Brand Switching) Kartu Perdana Seluler IM3
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v6i1.5918

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen kartu perdana seluler IM3 yang telah berpindah ke kartu perdana seluler merek lain dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 50 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner. Metode analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan software SPSS. Data yang telah memenuhi uji validitas,uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik produk pesaing dan variety seeking berpengaruh negatif signifikan dan positif tidak signifikan terhadap keputusan perpindahan merek, sedangkan pengalaman tentang produk dan ketidakpuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan perpindahan merek.

Page 1 of 4 | Total Record : 39